get app
inews
Aa Read Next : Puluhan Tahun Berdiri, Kondisi SD Budi Bhakti Sangat Memprihatinkan

Manik-Manik Diduga Benda Cagar Budaya Ditemukan di Salah Satu Lereng Bukit Patenggeng

Jum'at, 28 Oktober 2022 | 10:00 WIB
header img
Benda-benda unik yang ditemukan Neti di kebunnya, di areal Situs Patenggang. Foto: Ratna Ning/Istimewa

Berdasar ekskavasi yang dilakukan pemerintah dan Badan Arkeologi, mereka menemukan benda-benda purbakala seperti pecahan-pecahan keramik China, batu andesit, kerak besi hitam, alat bantu serpih dan gerabah, serta batu bata yang diperkirakan berasal dari abad ke-10-15 M. Juga keramik dari Dinasti Han yang diperkirakan berasal dari abad 220 SM-202 M.

Sejak dahulu, sebelum ekskavasi, masyarakat sekitar Situs Patenggang sering menemukan benda unik atau perhiasan emas di sekitar kebun mereka, yang masuk areal situs. Salah satunya bernama Neti, 35.

Berdasar keterangan Neti kepada iNewsMataram.id, mulai awal 2017, saat menggarap kebun warisan seluas 216 m2 dari kakek buyutnya dan sebagian dibeli dari pamannya, ia sering menemukan benda-benda unik. Dari pecahan keramik-keramik China dan tembikar tanah, batu-batuan, hingga manik-manik. Benda-benda itu pun dikumpulkan Neti dengan telaten.

“Sekitar 2017, saya menemukan batu-batuan berbentuk unik, yang berwarna cokelat dan hitam terang. Saya pun teringat saat kunjungan ke museum Jakarta dan melihat benda-benda sejarah. Jadi, saya kepikiran untuk mengumpulkannya,” ujar Neti di rumahnya, di Dusun Sindangsari, Desa Margasari, pada Senin (24/10/2022).

Editor : Maryani

Follow Berita iNews Mataram di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut