get app
inews
Aa
Read Next : Puluhan Tahun Berdiri, Kondisi SD Budi Bhakti Sangat Memprihatinkan

Cinta kepada Sejarah dan Budaya, Nanang Syaeful Bachri Mendirikan Jejak untuk Patenggeng

Sabtu, 28 Januari 2023 | 11:40 WIB
header img
Nanang Syaiful Bachri, tengah, memakai iket Badui biru mendirikan Komunitas Jejak karena peduli sejarah dan kebudayaan. Foto: Istimewa.

SUBANG, iNewsMataram.id-Situs Patenggeng merupakan situs sejarah yang telah dibuktikan dengan penemuan benda-benda cagar budaya.

Penemuan tersebut berupa keramik, manik-manik, batu andesit, alat bantu serpih, dan beberapa benda lainnya dari hasil ekskavasi antara 1975 hingga 2014.

Tidak seperti situs lainnya di Subang, Situs Patenggeng yang berada di Desa Margasari, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Subang, tidak terurus serta tidak ada pelestarian dan pengembangan. Bahkan, situs ini nyaris seperti terlupakan.

Bermula dari keprihatinan itulah, Nanang Syaeful Bachri, 40, seorang aktivis sosial dan budaya, yang aktif di beberapa lembaga kemasyarakatan, menyatakan kepeduliannya terhadap pengembangan Situs Patenggeng.

Pria kelahiran Karawang, Jawa Barat, ini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Jampang Pantura Subang. Salah satu LSM yang diketuai seorang pengusaha lulusan ITB, Rian Sigit Sriyono.

Editor : Maryani

Follow Berita iNews Mataram di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut