get app
inews
Aa Read Next : Kagama Akan Latih 1.200 Pekerja Migran NTB

Kagama Pilih Desa Sapit Lombok Timur Sebagai Desa Inklusi dan Kampung Kompeten di NTB

Senin, 12 September 2022 | 13:55 WIB
header img
PP Kagama bersama Pengurus Daerah Kagama NTB dan Pengurus Cabang Kagama Lombok Timur saat meninjau Sapit Parm di Desa Sapit, Kecamatan Suela, Lombok Timur Minggu (15/9/2022) Foto: iNewsMataram.id/Edy Gustan

PP Kagama berkoordinasi dengan Kepala Desa Sapit H. Sriatun. Kagama menginginkan masyarakat Desa Sapit bekerja berdasarkan kompetensi masing-masing. Baik dari produksi, proses pemasaran, hingga pemanfaatan hasil kerja. Dengan begitu, masyarakat Desa Sapit diharapkan dapat berdaya saing.

Anwarini mengatakan, tim PP Kagama terdiri atas pengurus PP Kagama H.Lalu Fauzul Idhi, pengurus Kagama cabang Lombok Timur Muhammad Ali dan pengurus daerah Kagama NTB Waluyo sudah terjun ke Desa Sapit. Mereka bertemu kelompok pemuda yang tergabung dalam Sapit Parm.

Kelompok pemuda ini melakukan pembibitan sejumlah varietas tanaman kopi. Salah satunya varietas Arabica Typica yang merupakan varietas kopi tertua di dunia. PP Kagama mengapresiasi gerakan pemuda Desa Sapit sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat di bidang pertanian. Lagipula, Sapit Parm yang digagas sejak 2017 sudah menarik perhatian banyak.pihak level nasional.

Program desa inklusi dan kampung kompeten itu akan berkembang ke berbagai wilayah di NTB. Program itu saat ini juga sedang berlangsung di beberapa daerah di Indonesia.

Editor : Edy Gustan

Follow Berita iNews Mataram di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut