Umi Rohmi Lepas Duta SDGs ke Korea Selatan

Edy Gustan
Umi Rohmi dan Baiq Helmalya Roshita. Foto: Istimewa

SELONG, iNewsMataram.id-Rektor Universitas Hamzanwadi Dr. Hj Sitti Rohmi Djalilah melepas Baiq Helmalya Roshita ke Korea Selatan sebagai Duta SDGs bidang gender.

Mahasiswi Prodi Pendididikan Bahasa Inggris, Universitas Hamzanwadi, ini dilepas untuk mengikuti program Asia Pacific SDGs Youth Summit (APSYS). Kehadiran Baiq Helmalya Roshita di Korea Selatan selama beberapa hari (11-14 Agustus 2024) itu mewakili kampus sekaligus NTB dan Indonesia. “

Tampilnya Baiq Helmalya Roshita di kancah internasional menunjukkan kesetaraan gender yang sangat terbuka untuk ikut berkiprah memajukan suatu daerah atau negara,” ujar Umi Rohmi.

Dia menegaskan, kesetaraan gender merupakan hak asasi manusia yang masih menjadi isu kompleks di Indonesia yang butuh proses agar berterima dengan baik.

Padahal, perjuangan Kartini dan pahlawan perempuan lainnya telah membawa perubahan signifikan. Namun, masih banyak perempuan yang mengalami diskriminasi, stigma buruk, dan kekerasan.

Dia menambahkan, perempuan harus memiliki kesempatan sama dalam memainkan peran agar stigma buruk yang sudah mengakar di lingkungan masyarakat sirna.

Hal itu terutama terkait keterbatasan ruang gerak perempuan pada sektor publik, baik di dunia pendidikan ataupun pemerintahan. Sebab, perempuan juga memiliki kemampuan luar biasa.

Doktor jebolan UNJ itu menekankan, pemahaman akan pentingnya kesetaraan gender masih belum sepenuhnya tercapai di Indonesia, termasuk di beberapa negara lain di dunia.

Karena itu, proyek tentang edukasi gender berbasis usia sangat relevan sebagai penyelesaian masalah yang tepat terhadap isu gender.

“Kami mengajak seluruh perempuan untuk berani tampil di depan. Sebab, kesetaraan gender bisa dimulai dari lingkungan keluarga dan organisasi,” tandasnya.

Dalam konteks internasional, hanya ada empat negara dengan kesetaraan gender terbaik di dunia.

Hal ini menunjukkan bahwa perjalanan menuju kesetaraan gender masih panjang sekaligus memberikan harapan untuk perubahan positif.

“Kesetaraan gender bukan hanya hak perempuan, tetapi keadilan yang harus diperjuangkan bersama untuk menciptakan masyarakat yang lebih adil dan inklusif,” papar calon Gubernur NTB itu.

Tak lupa, Umi Rohmi mengucapkan selamat kepada Baiq Helmalya Roshita yang akan mengikuti kegiatan SDGs di bidang gender tersebut dengan harapan tercatat meraih prestasi di kancah internasional. (*)

Editor : Maryani

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network