Dr Kurtubi: Saatnya Indonesia Gunakan PLTN Melalui Program Hilirisasi (1)

Edy Gustan
Dr H Kurtubi. Foto: Istimewa

MATARAM,iNewsmataram.id-Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) generasi terbaru dinilai tepat digunakan dalam sistem kelistrikan nasional.

Pengajar Ekonomi Energi Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE-UI) Dr H Kurtubi menilai, PLTN dapat menggantikan listrik padat emisi karbon, polutan, dan debu dari PLTU batubara.

"PLTN ini berfungsi sebagai backbone dari struktur baseload (beban listrik dasar) dalam sistem kelistrikan nasional. PLTN Generasi terbaru ini lebih aman dan murah," ujar Kurtubi kepada wartawan, Senin (24/7/2023).

Dia mengatakan, Pemerintah Indonesia harus lebih serius mempercepat penggantian PLTU menjadi PLTN. Tentu hal itu dilakukan secara bertahap.

Selain itu, penggunaan PLTN dalam sistem kelistrikan nasional tersebut untuk memberi kepastian kepada investor yang bergerak di bidang energi dan sumber daya mineral.

"Terutama, investor di industri berbasis SDA mineral menuju tingkat hilirisasi yang optimum. Semua produk hulu yang berupa bahan mentah hasil produksi tambang mineral nantinya tidak boleh diekspor," ujarnya.

Editor : Maryani

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network