get app
inews
Aa Read Next : Puluhan Tahun Berdiri, Kondisi SD Budi Bhakti Sangat Memprihatinkan

Cinta kepada Sejarah dan Budaya, Nanang Syaeful Bachri Mendirikan Jejak untuk Patenggeng

Sabtu, 28 Januari 2023 | 11:40 WIB
header img
Nanang Syaiful Bachri, tengah, memakai iket Badui biru mendirikan Komunitas Jejak karena peduli sejarah dan kebudayaan. Foto: Istimewa.

Selain dengan latar belakang Nanang yang sangat menyukai seni budaya dan sejarah, khususnya sejarah lokal, momentum berdirinya Komunitas Jejak merupakan langkah awal perpanjangan, yang sudah kandas terdahulu, sebagai narahubung dan motor pegiat yang peduli Situs Patenggeng.

“Berawal dari keprihatinan dan banyak pertanyaan besar tentang situs yang beberapa kali diekskavasi dan diobservasi. Tapi, tempat cagar budayanya seakan dilupakan dan tanpa ada perhatian maupun perawatan. Saya dan beberapa rekan pun mendirikan Komunitas Jejak,” paparnya.

Bagi Nanang dan kawan-kawannya, sebagai masyarakat awam, sudut pandang mereka tentang keberadaan Situs Patenggeng yang seperti ada, tapi tiada itu membuat mereka bertekad akan membantu dan mendorong situs-situs serta produk budaya lokal agar tidak tereliminasi keberadaannya.

“Kenapa Patenggeng kami jadikan titik awal keberangkatan komunitas kami? Sebab, bagi saya khususnya, ada banyak hal menarik dan besar yang harus diperhatikan. Di Situs Patenggeng yang dari pandangan mata sudah tak ada sisa atau ciri pernah terjadi peradaban atau kehidupan lampau, ternyata setelah ditelusuri ada jejaknya," paparnya.

Editor : Maryani

Follow Berita iNews Mataram di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut