get app
inews
Aa Read Next : Pengamat Politik : Pasangan Zul - Rohmi Bisa Jadi Tinggal Cerita

Dinas KKP Lombok Tengah Dukung Dwi Mitra Lautan Sukses dan Minh Hanh Kembangkan Budidaya Perikanan

Rabu, 31 Januari 2024 | 17:57 WIB
header img
Dinas KKP Lombok Tengah bekerjasama dengan Dwi Mitra Lautan Sukses dan Minh Hanh Eksport Import Investment dalam mengembangkan sektor perikanan di Teluk Awang Lombok Tengah Rabu (31/1/2024) Foto : istimewa

Dalam menjalankan proyek ini, Dinas Perikanan dan KKP Lombok Tengah turut memberikan bimbingan dan arahan kepada para nelayan. Salah satu inovasi yang diimplementasikan adalah sistem "keramba mandiri (self-sustain cage)" yang dikembangkan oleh Dwi Mitra Lautan Sukses.

Melalui keramba mandiri ini, satu struktur keramba dapat digunakan untuk membesarkan dua jenis hewan berbeda, yakni lobster dan ikan. Kunci keberhasilan budidaya ini terletak pada beberapa faktor, salah satunya adalah ketersediaan pakan.

Budidaya lobster di Indonesia dianggap berisiko tinggi oleh para nelayan karena waktu panen yang memakan waktu lama dan memerlukan biaya yang cukup besar, terutama dalam hal pakan.

"Dengan adanya keramba mandiri, struktur ini mampu menghasilkan pakan tambahan untuk lobster yang dikembangkan, sehingga dapat mengurangi biaya bagi para pembudidaya," ujarnya.

Editor : Edy Gustan

Follow Berita iNews Mataram di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut