get app
inews
Aa Read Next : Ketua DPW Perindo NTB : Insha Allah Lanjut Zul - Rohmi Jilid 2

Angka 1212 dan Kisah Sukses NTB Meraih Penghargaan IGA 2023

Rabu, 13 Desember 2023 | 10:50 WIB
header img
Pj.Gubernur NTB H.Lalu Gita Ariadi bersama Wali Kota Mataram Dr.H.Mohan Roliskana saat menerima penghargaan Inovative Goverenment Award (IGA) 2023. Foto: Istimewa

Mataram,iNewsmataram.id-Angka 1212 ternyata membawa berkah tersendiri bagi Provinsi Nusa Tenggara Barat. Angka 1212 yakni tanggal 12/12/2023 merupakan hari di mana NTB meraih penghargaan Inovative Government Award (IGA) 2023. 

Pj Gubernur NTB H.Lalu Gita Ariadi mengatakan, perjalanan meraih sukses itu mirip kisah sukses NTB meraih status tata kelola keuangan Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP ).

Dia menceritakan bagaimana awal perjalanan NTB meraih 12 kali WTP berturut-turut. Berawal dari status disclaimer. Berita itu tak ayal seolah menampar petinggi di NTB. Tidak terkecuali gubernur dan wakil gubernur saat itu Dr.TGB.K.H Muhammad Zainul Majdi dan H. Badrul Munir.

"Ada rasa malu saat itu. Semua OPD lantas melakukan evaluasi total di bawah kontrol kuat dari gbernur - wakil Gubernur ( TGB - Badrul Munir ). Hasilnya, dari disclaimer melompat jadi WTP 12 kali berturut-turut," ujar Miq Gita sapaan karibnya Rabu (13/12/2023).

Begitu juga dalam konteks inovasi. Pada 2020 lalu, NTB termasuk kategori kurang inovatif. Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah saat itu tidak nyaman dan kecewa dengan hasil ini.

Begitu dengan Miq Gita yang baru menjabat Sekda NTB. Dia merasa tertampar. Bagaimana tidak, NTB berada pada peringkat 34 secara nasional.

Editor : Edy Gustan

Follow Berita iNews Mataram di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut