get app
inews
Aa Read Next : Dua Tahun Tinggal di Lombok, WN Malaysia Terancam Dideportasi

Pelayanan Keimigrasian di Seluruh Kantor Imigrasi se-NTB Sesuai SOP

Rabu, 03 Agustus 2022 | 19:40 WIB
header img
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram I Made Surya Artha (kanan) saat konfrensi pers di Mataram Rabu (3/8). Foto : Imigrasi/Istimewa

Mataram.iNews.id- Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram I Made Surya Artha mengaskan, pelayanan keimigrasian di seluruh Kantor Imigrasi di NTB sesuai prosedur layanan standar (SOP). Dia mengatakan, proses pembuatan paspor baik di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram, Unit Layanan Paspor Lombok Timur, maupun kantor imigrasi di Indonesia mewajibkan pemohon datang langsung ke kantor Imigrasi.

Pemohon wajib membawa persyaratan administrasi yang telah ditentukan. Petugas juga akan melakukan wawancara singkat dan pengambilan biometrik (sidik jari dan foto wajah) pemohon. "Pemohon wajib datang langsung ke kantor imigrasi, tidak bisa diwakilkan. Tidak benar jika buat paspor tanpa melalui proses wawancara, sidik jari, dan foto wajah," kata Made Surya di Mataram, Rabu (3/8).

Pernyataan Made Surya ini menanggapi informasi perihal dugaan permohonan paspor di ULP Lombok Timur yang tidak sesuai prosedur layanan standar (SOP). Made Surya menuturkan, seluruh pemohon paspor wajib menggunakan aplikasi M-Paspor untuk permohonan baru maupun penggantian habis masa berlaku. Penggunaan aplikasi M-Paspor ini juga sudah diterapkan di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram dan ULP Lombok Timur.

Pemohon dapat menginstal aplikasi tersebut di ponsel melalui Playstore untuk pengguna android dan Appstore bagi pengguna iOs. Setoran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) paspor pun tidak dibayarkan di kantor imigrasi. Melainkan melalaui bank, kantor pos, maupun Indomaret.

Editor : Edy Gustan

Follow Berita iNews Mataram di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut