KPID NTB Dorong Media Jaga Netralitas pada Pilkada NTB 2024

Edy Gustan
Press Camp KPID NTB dan sejumlah wartawan di Louise Kanne, Nipah, Lombok Utara, Sabtu (27/07/2024). Foto: Istimewa

LOMBOK UTARA, iNewsmataram.id-Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Nusa Tenggara Barat (NTB) mengajak insan pers menjaga integritas saat pemilu kepala daerah serentak.

Ketua KPID NTB Ajeng Roslinda Motimori mengatakan, pihaknya siap mengawal pelaksanaan pilkada serentak yang akan berlangsung November 2024 mendatang.

Dia menambahkan, peran lembaga penyiaran dan pers sangat penting untuk mengawal pilkada serentak di NTB.

Media, terutama lembaga penyiaran publik, merupakan salah satu penentu berjalannya proses demokrasi. Hal itu disampaikan Ajeng Roslinda saat menggelar Press Camp bersama sejumlah wartawan.

Dia mendorong agar media menghadirkan informasi berkualitas. Salah satunya menjalankan aktivitas pers sesuai kode etik jurnalistik.

"Kehadiran media, terutama lembaga penyiaran televisi, ini penting untuk menjaga kondusivitas dan kredibilitas politik saat pelaksanaan pilkada serentak di NTB, " tutur Ajeng Roslinda, Sabtu (27/7/2024).

Tidak hanya itu, media juga berfungsi sebagai pengawas pilkada. Artinya, memberikan informasi berimbang sekaligus mendidik kepada masyarakat. Sebab, saat ini tidak sedikit informasi hoaks yang muncul di media sosial.

Dia optimistis kiprah insan pers, terutama media televisi, ini berdampak positif terhadap demokrasi di NTB.

"Syukurnya media, termasuk televisi, ini masih menjadi rujukan publik untuk mengakses informasi berkualitas di tengah serbuan media sosial, "paparnya.

Terkait itu, KPID NTB mengawasi lembaga penyiaran televisi agar tetap menjaga netralitas. Tidak terkecuali yang disebar melalui media sosial. Adapun pengawasan siaran oleh konten kreator, pihaknya masih menunggu regulasi dalam undang-undang penyiaran.

"Kami melibatkan semua kawan-kawan wartawan untuk ikut mengawal pelaksanaan pilkada serentak 2024 agar kondusif dan berkualitas, " tandasnya.

Press Camp berlangsung di Louis Kanne Hotel, Nipah, Lombok Utara. Kegiatan ini diikuti sejumlah wartawan, baik dari media cetak, online, maupun televisi. Termasuk melibatkan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) NTB. (*)

Editor : Maryani

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network