get app
inews
Aa Read Next : Masyarakat Agribisnis Jagung (MAJ) Dukung Penuh Rohmi-Firin

Jika TGB Dukung Zul-Uhel, Bagaimana Dengan Rohmi, ini Kata Pengamat Politik

Kamis, 03 Oktober 2024 | 12:54 WIB
header img
Calon Gubernur NTB nomor urut 2 Dr. H Zulkieflimansyah bersama Dr. TGB. K. H Muhammad Zainul Majdi saat nonton MotoGP di Sirkuit Mandalika. Foto: Istimewa

MATARAM, iNewsmataram.id-Munculnya foto TGB.K.H Muhammad Zainul Majdi bersama H. Zulkieflimansyah dengan pose 2 jari memicu beragam spekulasi publik. Tidak sedikit yang menafsirkan pose 2 jari itu sebagai bentuk dukungan TGB terhadap calon Gubernur NTB nomor urut 2 Zulkieflimansyah - Suhaili FT.

Jika benar Ketua Umum PB Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) TGB Zainul Majdi mendukung pasangan Zul-Uhel, lantas bagaimana dengan pasangan Rohmi - Firin.

Pengamat politik Universitas Islam Negeri Mataram (UIN) Dr. Agus, M. Si menilai terjadi erosi politik identitas di NTB yang ditunjukkan oleh elit politik. Menurutnya, politik tidak lagi berbasis pada identitas sosial seperti keluarga, kerabat, dan organisasi sosial keagamaan.Tetapi, politik berbasis rasionalitas choice atau pilihan rasional.

"Misalnya ini ditunjukkan oleh TGB yang secara simbolik memberikan sinyal dukungan kepada Zul-Suhaili tidak ke Rohmi yang merupakan keluarga sekaligus NWDI. Kemudian Tuan Guru Bodak secara terbuka memberikan dukungan ke Iqbal-Dinda bukan ke Suhaili yang merupakan adik kandung dan keluarga besar Yatofa,"Ujar Agus kepada iNewsmataram.id Kamis (3/10/2024).

Editor : Edy Gustan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut