get app
inews
Aa Read Next : Survei Poltracking, Ummi Rohmi Tetap Teratas

Prof. Atun Wardatun : Ini Manfaat Pemimpin Perempuan Untuk Kemajuan NTB

Senin, 20 Mei 2024 | 18:09 WIB
header img
Guru Besar Hukum Keluarga UIN Mataram Prof. Atun Wardatun mengatakan kepemimpinan perempuan penting untuk kemajuan NTB. Foto: Istimewa

MATARAM,inews Mataram.id- Kepemimpinan perempuan di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sangat dinantikan. Guru Besar Hukum Keluarga Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram Prof. Atun Wardatun menilai kepemimpinan perempuan di NTB menuai banyak manfaat bagi daerah.

Menurutnya, kepemimpinan perempuan dapat menciptakan perubahan sosial, politik, budaya yang lebih positif. Dengan tampilnya perempuan sebagai pemimpin, citra positif sebuah daerah akan terangkat.

Hal itu menandakan adanya transformasi sosial-budaya- dan politik terutama pada pembangunan SDM dan perspektif gender yang tidak lagi parochial dan patriarchal.

Munculnya figur Dr.Hj.Sitti Rohmi Djalilah menjelang perhelatan Pilgub NTB 2024 sebagai bakal calon Gubernur NTB cukup mengejutkan.

Publik langsung merespon positif atas keputusan cucu Almagfurullah Maulana Syech TG K.H Muhammad Zainudin Abdul Majid itu. Menurut Prof. Atun, kepemimpinan perempuan akan melahirkan perspektif pembangunan yang beragam bahkan lebih lengkap.

Karena pengalaman hidup seorang perempuan berbeda dengan laki-laki. Hal itu menciptakan banyak perubahan.

"Hal yang tidak tersentuh oleh pikiran dan perasaan laki-laki justru bisa dilakukan perempuan. Terutama menyangkut aspek keadilan dan kesempatan," ujar Prof Atun kepada wartawan Senin (20/5/2024).

Prof Atun yang juga Ketua LP2M UIN Mataram ini menegaskan tampilnya perempuan menjadi pemimpin akan menggerakkan perempuan lainnya untuk aktif dalam mencapai tujuan bersama.

Perempuan juga mampu menjadi pengelola yang lebih efektif untuk pencapaian tujuan pembangunan yang inklusif.

Dia mengatakan kemampuan memimpin tidak hanya dimiliki laki-laki. Pemimpin perempuan justru dinilai menjadi role model yang baik bagi separuh penduduk daerah yang notabene berjenis kelamin perempuan, sehingga mereka paham dunia mereka tidak sebatas domestik.

"Menggerakkan perempuan lain untuk terlibat aktif tidak hanya merupakan amanah undang undang tetapi harus secara empiris dicontohkan dalam kehidupan nyata," ungkapnya.

Pendiri Sekolah Rintisan Perempuan Untuk Perubahan (LaRimpu) ini menegaskan kepemimpinan perempuan juga akan berdampak positif terhadap peningkatan sektor ekonomi.

Menurutnya, banyak riset membuktikan bahwa keterlibatan perempuan di dalam sebuah organisasi dan managemen meningkatkan perolehan dan memperbaiki pengelolaan ekonomi.

Karena perempuan secara alamiah adalah manager ulung dan mampu memberikan pendekatan yang lebih kreatif di dalam aspek peningkatan ekonomi.

Pendekatan empati dan keibuan yang biasanya dimainkan oleh pemimpin perempuan juga akan sangat efektif menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat.

Konflik sosial yang masih banyak terjadi di NTB memerlukan pendekatan kekuasaan yang lebih feminin. Dia menilai, lima alasan itu sangat meyakinkan untuk ke depan mengupayakan kepemimpinan daerah di NTB ini dari level gubernur maupun bupati serta seterusnya ke bawah diisi secara proporsional oleh perempuan dan laki-laki.

"Saya berharap pasangan yang tampil selalu berpasangan untuk menunjukkan bahwa NTB tidak kurang sumber daya perempuan yang patut dan mampu," paparnya.

Kakak kandung TGB.K.H Muhammad Zainul Majdi itu digadang-gadang akan berpasangan dengan Bupati Sumbawa Barat Dr.H.W Musyafirin.

Baik Rohmi maupun Musyafirin sudah mendaftar disejumlah partai di antaranya Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Keduanya optimistis akan melenggang ke KPU sebagai peserta Pilgub NTB 2024. Tidak saja dari kalangan perempuan, pasangan Rohmi - Firin ini juga akan mendapat dukungan kuat dari pemilih pemula dan lainnya. (*)

Editor : Edy Gustan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut