get app
inews
Aa Read Next : Chairul Saleh Soroti Abrasi Pantai Ampenan Yang Mengkhawatirkan

Aliran Deras Kali Ciwetan Habiskan Areal Kebun, Warga Khawatir Abrasi Tanah Semakin Parah

Sabtu, 13 Januari 2024 | 15:30 WIB
header img
Nanang, salah seorang warga, menunjukkan abrasi tanah akibat luapan Kali Ciwetan, Jumat (12/01/2024). Foto: Ratna Ning/INews.

SUBANG, iNewsMataram.id-Curah hujan dengan intensitas tinggi dan berlangsung hampir setiap hari telah mengakibatkan berbagai bencana alam di Subang.

Bencana alam itu, di antaranya tanah longsor di Cipondok Kasomalang, korban sambaran petir di Tambakan, termasuk aliran sungai dengan debit air yang meluap dan deras di aliran Kali Ciwetan.

Aliran Kali Ciwetan yang melewati tanah kebun dan sawah penduduk di Kawasan Cisampih, Desa Cinangling, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Subang, mengakibatkan abrasi tanah di kanan dan kiri kali kecil itu.

Bahkan, tanah longsor tergerus air terlihat parah di beberapa titik. Akibat aliran air yang deras, abrasi tanah kebun penduduk pun semakin melebar.

Nanang Kosim, salah seorang warga, yang ditemui iNews, kemarin, mengungkapkan, jika dibiarkan, abrasi akan terus melebar dan menimbulkan kerugian karena lambat laun tanah kebun mereka akan habis.


Pohon yang tumbang akibat abrasi. Foto: Ratna Ning/Istimewa.

“Di beberapa titik, areal aliran kali semakin melebar. Hal itu menyebabkan tebing tanah kebun terus-terusan terkikis karena tak ada tahanan tebing,” ujar Nanang.

Dia menambahkan, pepohonan yang ditanam di areal kebun, seperti pohon kelapa, juga sudah tumbang tergerus air karena abrasi tanah.

Para warga juga khawatir kebun-kebun di pinggiran kali akan semakin tergerus air jika tak ada perhatian dari pemerintah instansi terkait untuk pembenahan pinggiran kali.

Warga sempat melaporkan kejadian itu kepada pemerintah desa setempat, tetapi mereka angkat tangan karena itu bukan wewenang desa.

"Kali ini hanya buangan air yang tidak terpakai di sini, tetapi dipakai untuk pengairan sawah desa-desa di bawahnya," tandas Nanang.

Editor : Maryani

Follow Berita iNews Mataram di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut