get app
inews
Aa Read Next : Kadis Kesehatan NTB Bantah Pasien Covid XBB1 Omicron Pernah Ke Lombok

Varian EG.5 dan EG.2 Picu Positif Covid-19, NTB Tetap Landai

Senin, 11 Desember 2023 | 16:50 WIB
header img
Covid varian XBB sudah masuk ke Indonesia (Foto: okezone)

Mataram,iNewsmataram.id-Angka Covid-19 di Indonesia mulai merangkak naik. Kepala Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Barat dr.H. Lalu Hamzi Fikri meminta masyarakat NTB tidak risau dan tetap waspada.

Angka Covid-19 di NTB dinyatakan tidak ada. Hamzi menegaskan, berdasarkan data Covid-19, tidak ada pergerakan atau peningkatan kasus di NTB.

Hanya saja, dia mengimbau masyarakat tetap menjaga kesehatan dan menerapkan protokol Covid-19 baik mencuci tangan, menggunakan masker di tempat keramaian, dan tentu melengkapi vaksinasi Covid-19.

"Nggak ada kenaikan kasus Covid-19 hingga saat ini di NTB. Masyarakat tetap tenang dan tetap menerapkan protokol kesehatan," ujar Hamzi Fikri kepada wartawan Senin (11/12/2023).

Dia menegaskan meningkatkan angka Covid-19 di negara tetangga seperti di Singapura didominasi varian baru EG.5 dan EG.2. Meski begitu, tidak ada lonjakan kasus yang berarti.

Menurutnya, berdasarkan informasi dari Kementerian Kesehatan RI melalui Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Siti Nadia Tarmizi, varian EG.5 dan EG.2 memicu kasus positif Covid-19 di Indonesia. Penangan kasus tersebut tetap terkendali dan tidak memengaruhi kenaikan penggunaan ketersediaan tempat tidur atau Bed Occupanci Rate (BOR) di sejumlah rumah sakit. "Pencegahan masih bisa dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yakni menggunakan masker dan melengkapi vaksin booster di Puskesmas," ungkapnya.

Editor : Edy Gustan

Follow Berita iNews Mataram di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut