get app
inews
Aa Read Next : Varian EG.5 dan EG.2 Picu Positif Covid-19, NTB Tetap Landai

Kadis Kesehatan NTB Bantah Pasien Covid XBB1 Omicron Pernah Ke Lombok

Senin, 24 Oktober 2022 | 13:04 WIB
header img
Ilustrasi laboratorium(Foto:Ist).

MATARAM,iNewsMataram.id-Kepala Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Barat dr.H.Lalu Hamzi Fikri membantah subvarian XBB1 Omicron berasal dari Lombok Nusa Tenggara Barat. Pihaknya sudah menelusuri riwayat perjalanan orang yang terkonfirmasi positif Omicron XBB1 itu.

Hamzi Fikri menjelaskan, dari penelusuran tim survilans Pemprov NTB menyebutkan bahwa tidak mendapatkan notifikasi dari wilayah lain terkait keberadaan kontak erat pasien tersebut di wilayah NTB.

"Yang bersangkutan mengaku memiliki riwayat berpergian dan bekerja di Nusa Tenggara Timur (NTT)," ujar Hamzi Fikri kepada wartawan Senin (24/10/2022).

Pemprov NTB, kata Hamzi, sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Jawa Timur terkait tracking kontak terhadap pasien.Belakangan diketahui pasien tersebut beralamat di Gemblongan 34, Surabaya, Jawa Timur.

Pasien berinisial JK (29) sebelumnya diberitakan positif subvarian Omicron XBB1 setelah perjalnan dari Lombok, NTB. Meski begitu, tidak disebutkan secara jelas riwayat perjalanan di Lombok NTB.

Penderita dinyatakan positif pada 26 September 2022 dan sudah sembuh pada 3 Oktober 2022. "Pasien tersebut tidak terekam pada All Record NTB," ungkapnya.

Dikatakan, hingga saat ini NTB masih tetap terjaga pada level 1. Pihaknya terus berupaya maksimal memantau perkembangan Covid-19 di NTB.

Editor : Edy Gustan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut