Dari perspektif siswa tanpa kebutuhan khusus, pendidikan inklusif mengajarkan nilai-nilai empati, kerja sama, dan penghargaan terhadap keberagaman.
Mereka belajar menghormati perbedaan dan melihat nilai setiap individu. Tidak hanya dari segi kemampuan akademis, juga dari segi karakter dan kontribusi mereka terhadap komunitas.
Langkah-Langkah Menuju Pendidikan Inklusif.
1. Pelatihan dan Pengembangan Guru: Memberikan pelatihan terus-menerus kepada guru tentang pendekatan inklusif, strategi pengajaran yang beragam, dan cara mendukung kebutuhan beragam siswa.
2. Pengembangan Kurikulum yang Beragam: Mengembangkan kurikulum yang dapat diakses oleh semua siswa, dengan beragam metode evaluasi dan penilaian yang mempertimbangkan berbagai kemampuan.
3. Dukungan Khusus bagi Siswa: Memberikan dukungan ekstra, seperti pendampingan atau terapi kepada siswa yang membutuhkannya tanpa mengorbankan partisipasi dalam lingkungan umum.
Editor : Edy Gustan