Dengan kerja sama yang kokoh antara lembaga pendidikan, guru, orang tua, dan masyarakat, kita dapat menciptakan sistem pendidikan yang inklusif, adil, dan memberdayakan bagi semua individu, tanpa memandang latar belakang atau kebutuhan mereka.
Pendekatan inklusif dalam pendidikan merupakan solusi yang kuat untuk mewujudkan visi pendidikan untuk semua.
Sebab, setiap individu memiliki tempatnya dalam lingkungan pendidikan yang ramah dan beragam. Pendidikan inklusif mengacu pada konsep bahwa semua siswa, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus, diajak belajar bersama dalam lingkungan sekolah yang sama.
Ini bukan hanya tentang memasukkan siswa berkebutuhan khusus ke dalam kelas reguler, melainkan menciptakan lingkungan kalau mereka merasa diterima dan didukung.
Selain itu, mereka juga memiliki kesempatan yang sama untuk tumbuh dan berkembang seperti anak-anak normal yang tidak memiliki hambatan fungsional belajar.
Editor : Edy Gustan