get app
inews
Aa Read Next : Pos Indonesia Kembali Salurkan Dana Bansos PKH dan Sembako di Mataram

Pascasarjana Universitas Hamzanwadi Bekerja Sama dengan UMM dan UMY

Rabu, 05 Juli 2023 | 08:14 WIB
header img
Pascasarjana Universitas Hamzanwadi bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Foto: istimewa

MATARAM, iNewsmataram.id-Pascasarjana Universitas Hamzanwadi bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Kerja sama itu merupakan salah satu upaya memperluas jejaring di kawasan Pulau Jawa.

Direktur Pascasarjana Universitas Hamzanwadi Dr. Padlurrahman mengatakan, kerja sama tersebut untuk penguatan dan perluasan kerja sama dengan institusi eksternal dan untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan.

Menurutnya, memperluas jejaring kemitraan dengan berbagai perguruan tinggi itu sangat penting. Lagi pula, kerja sama yang dibangun didasari komitmen dalam membangun institusi pendidikan yang bermutu.

Selain menandatangani kerja sama, kunjungan ke dua universitas itu dalam rangka kuliah kerja lapangan (KKL) mahasiswa pascasarjana angkatan 5.

KKL itu diawali pembacaan Hizib Nahdlatul Wathan di Makam Pahlawan Nasional Al Magfurullah Maulanasyaikh TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid pada 22.00 Wita hingga 24.00 Wita, Minggu (2/07/2023).

“Membangun institusi yang bermutu tidak sekadar diucapkan, juga yang terpenting dari itu semua adalah kerja keras, aksi nyata, dan niat tulus untuk bekerja bersama seluruh pihak,” ujar Padlurrahman.

Doktor jebolan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini mengatakan, kemitraan dengan UMM tidak sekadar hitam di atas putih. Kerja sama itu diharapkan ditindaklanjuti dengan aksi nyata yang saling menguntungkan kedua belah pihak atau biasa dikenal dengan istilah simbiosis mutualisme.

Direktur Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang Prof. Akhsanul In'am, Ph.D menyambut baik kerja sama ini. Dia menyambut kehadiran manajemen Pascasarjana Universitas Hamzanwadi bersama 84 mahasiswanya.

Dia menuturkan, kerja sama itu sebagai upaya membangun pendidikan yang bermutu. Bukan hanya dalam bentuk MoU, juga dapat melahirkan MoA dan kegiatan-kegiatan positif pada bidang pendidikan, penelitian, dan PkM.

“Praktik-praktik baik yang selama ini dilakukan di UMM dapat diadopsi oleh Pascasarjana Universitas Hamzanwadi atau sebaliknya apa yang selama ini dibangun oleh Hamzanwadi dapat juga diadopsi oleh UMM dengan semangat yang sama,” tandasnya.

Direktur Pascasarjana Universitas Hamzanwadi didampingi oleh Korprodi S2 Pendidikan Dasar Dr. H. Badarudin, M.Pd., serta beberapa dosen antara lain Dr. H. Edy Waluyo, Dr. Muhammad Halqi, Dr. Muhammad Ali, Dr. Hj. Nuraini, dan beberapa staf lainnya. Padlurrahman memberikan cendera mata berupa plakat, buku Pahlawan Nasional Al-Magfurullah TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid dan beberapa buku lainnya kepada Direktur Pascasarjana UMM.

Selanjutnya dibalas juga dengan pemberian cendera mata oleh Direktur Pascasarjana UMM kepada Direktur Pascasarjana Universitas Hamzanwadi. (*)

Editor : Maryani

Follow Berita iNews Mataram di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut