get app
inews
Aa
Read Next : Bang Zul Tak Gentar Dihantam Kampanye Hitam

4 Keistimewaan Baca Surat Al Kahfi Ayat 1-10 di Hari Jumat, Lengkap dengan Bacaan dan Artinya

Jum'at, 30 September 2022 | 14:01 WIB
header img
Keutamaan membaca Surat Al Kahfi ayat 1-10 di hari Jumat. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsMataram.id - Setiap hari Jumat, disunnahkan untuk membaca Surat Al Kahfi ayat 1-10. Rasulullah SAW sempat mengungkapkan keutamaan membaca Surat Al Kahfi.

Waktu utama membaca Surat Al Kahfi ini dimulai Kamis setelah memasuki waktu maghrib hingga Jumat sore.

Surat  Al Kahfi berjumlah 110 ayat dan tergolong surat Makiyyah, kecuali ayat 38 dan 86 sampai 101 yang merupakan ayat Madaniyyah. Surat Al Kahfi menduduki urutan ke 18 dalam mushaf Alquran dan Surat ini diturunkan setelah surat Al-Ghasyiyah.

Surat Al Kahfi berarti goa, Surat ini berisikan tentang kisah ashab al-Kahfi (para penghuni goa) yang mendapat mukjizat yang menakjubkan. Dengan menghapal 10 ayat pertama Surat Al Kahfi, maka akan mendapatkan beberapa keistimewaan.

Berikut 4 keistimewaab membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat:

1. Diampuni Dosa hingga Jumat Berikutnya

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ، سَطَعَ لَهُ نُورٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءِ، يُضِيءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وغُفر لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ "

Artinya: Dari Ibnu Umar yang mengatakan bahwa Rasulul­lah SAW pernah bersabda: Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka timbullah cahaya baginya dari telapak kakinya hingga ke langit yang memberikan sinar baginya kelak di hari kiamat, dan diampunilah baginya semua dosa di antara dua hari Jumat.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Berita iNews Mataram di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut