get app
inews
Aa Read Next : Bachcha, si Bangau Liar yang Jatuh Hati kepada Malaikat Penolongnya

Daftar Negara Paling Berbahaya untuk Turis, Rawan Terjadi Penculikan di Tetangga Indonesia

Sabtu, 17 September 2022 | 16:43 WIB
header img
Ikustrasi negr paling berbahaya untuk turis, rawan jadi korban kejahatan (FOTO: MNC Media)


2. Brasil
 

Reader’s Digest menyebut, Brasil juga masuk dalam daftar negara yang berbahaya untuk didatangi turis. Berbagai negara memberikan imbauan kepada masyarakatnya apabila ingin berkunjung ke Brasil, salah satunya adalah Inggris. Menilik laman resmi pemerintah Inggris, negara itu sangat mewanti-wanti warganya dan memberikan informasi lengkap mengenai tindak kejahatan Brasil.

Ada beberapa jenis kejahatan besar yang kemungkinan terjadi di Brasil, seperti perampokan hingga pembunuhan. Maka dari itu, pemerintah Inggris meminta warganya untuk memahami daerah yang akan dikunjungi dan mengikuti saran pemerintah lokal agar tidak terjadi hal buruk.

Tingkat kejahatan di negara ini dapat dikatakan fluktuatif setiap tahunnya. Meskipun begitu, masyarakat terutama turis diwajibkan untuk waspada. Pada tahun 2018, tingkat kejahatan di negara ini mencapai 20,88%. Hal itu meningkat di tahun 2019 dengan menjadi 22,45%. World Population Review mencatat, jumlah pembunuhan di Brasil adalah 23,6 kasus per 100 ribu penduduk di tahun 2020. Di tahun-tahun sebelumnya bahkan pernah mencapai angka 30,8 kasus.
 

3. Filipina

Negara selanjutnya yang berbahaya untuk turis adalah Filipina, tetangga Indonesia.

Meskipun negara ini memiliki berbagai destinasi wisata menarik, namun para pelancong harus benar-benar menjaga diri dan rombongannya ketika sedang berada di Filipina. Amerika Serikat (AS) memberikan imbauan kepada warganya untuk selalu waspada selagi berlibur. Sebab, Filipina rawan kasus penculikan, terorisme, dan kerusuhan sipil. 

Sementara itu, kejahatan jalanan dan perampokan juga rawan terjadi. Bahkan, terkadang pelaku tak segan menggunakan senjata api untuk mengancam korbannya.

Namun, tingkat kejahatan di negara itu sebenarnya mengalami penurunan sebesar 73,16% selama kepemimpinan Presiden Rodrigo Duterte. Di tahun 2021, tingkat kejahatan di Filipina adalah 34.552 kasus. Angka ini jauh lebih baik dibandingkan tahun 2016 dengan 131.699 kasus.
 

4. Guatemala

Salah satu negara di benua Amerika, Guatemala, masuk dalam negara berbahaya untuk turis. Pemerintah Inggris menyebut, Guatemala adalah negara yang tingkat kejahatan serta kekerasannya paling tinggi di Amerika Latin. Para gangster atau kelompok penjahat lokal tidak pandang bulu dalam melancarkan aksinya. Mereka bahkan berani beraksi di kawasan wisata. 

Adapun jenis kejahatan yang paling rawan adalah pembajakan mobil dan perampokan dengan senjata api. Sementara itu, pembunuhan juga menjadi kasus yang wajib diwaspadai di Guatemala. Berlandaskan data Statista, negara ini memiliki 16,6 kasus pembunuhan per 100 ribu penduduk di tahun 2021. Angka ini meningkat dari tahun sebelumnya dengan 15,4 kasus per 100 ribu penduduk.

Itulah daftar negara yang paling berbahaya untuk turis, tak disangka satu diantaranya adalah tetangga Indonesia. Jadi, buat kamu yang akan liburan ke luar negeri tetal hati-hati ya.

Artikel ini tayang di Okezone - 4 Negara Paling Tidak Aman untuk Turis

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Berita iNews Mataram di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut