get app
inews
Aa Read Next : Lajnah Hukum NWDI Desak Polda NTB Tangkap Penghina TGB

Pengamat: Gerakan Tolak Zulkieflimansyah Berpotensi Warnai Politik NTB Jelang 2024

Sabtu, 24 September 2022 | 17:41 WIB
header img
Pengamat Politik Universitas Negeri Mataram Dr.Agus, M.Si Foto: Dokumen KPU NTB/istimewa

Selain politik identitas, ada variabel lain yang bisa memengaruhi keterpilihan kandidat bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur. Misalnya, ketersediaan modal ekonomi, penguasaan birokrasi, organisasi masyarakat, dan media massa,. "Sfat identitas sosial ini berbiaya murah sehingga politik identitas ini selalu muncul. Cukup dengan menggugah semangat solidaritas sosial, maka masyarakat bisa dimobilisasi," ungkapnya.

Agus menegaskan, Isu politik identitas itu manjur apabila dilakukan secara terseruktur, sistematis, dan massif. Isu identitas sosial itu berpotensi dikampanyekan, baik melalui media cetak, elektornik, dan media sosial.

Termasuk melalui pertemuan-pertemuan tatap muka, seperti seminar, workshop, Focus Group Discusion (FGD), dan pertemuan-pertemuan komunitas, seperti komunitas adat serta komunitas-komunitas daerah.

Menurut Agus, jika dilakukan secara terstruktur, sistematis, dan massif, maka isu politik identitas sosial biasanya efektif dalam membentuk rasionalitas pemilih. Sebab, rasionalitas pemilih itu terbentuk melalui proses informasi dan interaksi dari lingkungan sosial.

Dia menyarankan elit poltiik dan media massa jangan terjebak pada isu poltiik identitas. Sebaiknya, Pilkada NTB 2024 di jadikan sebagai momentum menguji visi, misi, dan program pasangan calon. Lagipula, NTB ini butuh perubahan besar.

"Pemilu itu bukan hanya soal menang dan kalah, tetapi soal bagaimana mencari pemimpin pemerintahan daerah yang mampu menghantarkan rakyat pada kesejahteraan sosial," papar Agus.

Editor : Edy Gustan

Follow Berita iNews Mataram di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut