get app
inews
Aa Read Next : Menparekraf Ajukan Anggaran ke Menkeu Untuk Mendukung Gelaran MXGP 2024 di NTB

Desa Wisata di Lombok yang Ciamik

Rabu, 21 September 2022 | 20:10 WIB
header img
Pintu masuk ke Desa Sade, Lombok Tengah. Foto: Istimewa

LOMBOK, iNewsMataram.id-Pesona alam Indonesia memang ciamik. Beberapa tempat di seluruh Indonesia jadi tujuan wisatawan mancanegara. Termasuk, Lombok, NTB.

Pulau cantik yang terletak di Timur Indonesia ini punya julukan “Pulau Seribu Masjid”. Bahkan, ada yang bilang “Surga yang Hilang”.

Selain pantai-pantai yang eksotis, perbukitan dan danau yang memesona, terdapat pula beberapa desa wisata yang indah.

Berikut ini enam desa yang masuk dalam destinasi wisata di Lombok:

1. Desa Sade

Bila Anda ingin lebih kenal dengan suku Sasak, penduduk asli Lombok, sebaiknya singgah ke Desa Sade di Rembitan, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.

Ada banyak keunikan yang hanya bisa ditemukan di desa tersebut. Salah satunya, rumah yang dilumuri kotoran kerbau.

Fungsinya sebagai pembersih lantai dari debu-debu, menguatkan, dan pencegah serangga. Namun, Anda tak perlu khawatir karena tidak pernah tercium bau dari rumah-rumah tersebut.

Selain itu, rumah di Desa Sade juga sebagai balai pertemuan dan tahan gempa. Penasaran, kan?

2. Desa Ende

Setelah ke Desa Sade, Anda bisa mampir ke Desa Ende. Letak desanya hampir bersebelahan dengan Desa Sade.

Desa yang terletak di Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, ini punya pesona yang tak kalah memesona.

Jejeran rumah beratap ilalang dan berdinding anyaman bambu menyambut Anda saat memasuki desa.

Perempuan di Desa Ende juga diwajibkan bisa menenun sejak kecil. Bahkan, ini menjadi syarat wajib menikah. Wah, jadi penasaran dengan kain tenunnya, ya!

3. Desa Sesaot

Desa yang terletak di Jalan Suranadi II, Kecamatan Narmada, Lombok Barat, ini punya banyak pesona alam. Aktivitas seru pun bisa Anda jajal di desa ini. Salah satunya trekking dan bersepeda gunung di Bukit Mangga atau Vetong.

Tak kalah menarik, di desa ini ada banyak mata air yang dikelola menjadi pusat rekreasi masyarakat. Dan, jangan lupa juga beli oleh-oleh khas Lombok, ya!

4. Desa Tetebatu

Suasana alami khas pedesaan bisa ditemui juga di Desa Tetebatu, yang terletak di Kecamatan Sikur, Lombok Timur. Tetebatu diakui sebagai salah satu desa wisata terbaik di dunia.

Pada 2022, Tetebatu juga masuk nominasi penghargaan desa wisata terbaik versi UNWTO bersama Desa Wae Rebo di NTT dan Desa Nglanggeran di Yogyakarta.

Anda bisa merasakan pesona alam Air Terjun Sarang Walet yang jernih dan segar, jalan santai di sekitar kaki Gunung Rinjani, dan menikmati indahnya senja di Bumi Perkemahan jika berkunjung ke sini.

Selain itu, ada wisata ramah lingkungan yang wajib dicoba, yaitu ecofarm atau ikut belajar proses pembuatan kopi atau minyak kelapa khas Lombok secara tradisional.

5. Desa Sukarara

Lombok punya kain tenun khas cantik juga, loh! Nah, di Desa Sukarara, Kecamatan Jonggat, Lombok Tengah, terdapat pusat kerajinan kain tenun berkualitas tinggi.

Desa ini merupakan desa penghasil kerajinan paling populer dan mendapat julukan “Desa Tenun”. Kain tenun dari desa ini pun berhasil menembus pasar internasional.

Desa ini juga kental dengan budaya Sasak, yang bisa ditemukan dari perumahan desa dan pakaian warganya.

6. Desa Bilebante

Desa terakhir yang patut dikunjungi di Lombok, yaitu Desa Bilebante. Desa ini pernah memenangkan Desa Wisata Award 2017 dari Kementerian DPDTT.

Juga juara dua kategori alam dalam kompetisi BCA Desa Wisata Award 2021. Prestasi yang diraih desa ini merupakan buah dari hasil kerja keras masyarakatnya.

Ragam aktivitas seru yang bisa dicoba di desa ini, misalnya memancing sekaligus belanja di Pasar Pancingan, belajar tanaman herbal di kebun herbal, perawatan spa, melihat budi daya rumput laut di sawah, atau mencicipi kuliner lokal yang variatif. Seru, bukan? (*)

Editor : Maryani

Follow Berita iNews Mataram di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut