get app
inews
Aa Read Next : Terhempas Gelombang, Dokter Hilang di Perairan Lancing Lombok Tengah

Survivor Asal Australia Ini Hanyut Hingga Samudera Hindia

Minggu, 21 Agustus 2022 | 10:08 WIB
header img
Inilah David Williamson warga Australia yang hanyut di perairan Samudera Hindia. Dia berhasil diselamatkan dan di bawa ke Perairan Selat Lombok Minggu (21/8) Foto: Kantor SAR Mataram/Istimewa

LOMBOK BARAT,Mataram.iNews.id- Tim SAR gabungan mengevakuasi pria warga negara asing (WNA) Australia di perairan Selat Lombok pada Minggu (21/8) pukul 02.00 Wita. Kepala Kantor SAR Mataram Nanang Sigit PH mengatakan, pihaknya menerima laporan dari The Joint Rescue Coordination Centre (JRCC) pada Jum'at (19/8) pukul 12.00 wita.

Laporan JRCC menyebutkan bahwa survivor bernama Mr. David Williamson (63) hanyut sekitar 600 Km sebelah tenggara Pulau Christmas Samudera Hindia. David hanyut terbawa arus saat beraktivitas di perairan Australia menggunakan perahu kecil bertenaga manusia. "kemudian korban diselamatkan oleh kapal MV. Haizhu Flourish yang sedang menuju Cina," kata Nanang saat on board di kapal Rescue Boat (RB) 220 Mataram Minggu (21/8)

Kapal kargo berbendera Singapura yang semula mengarah ke Cina, merubah rutenya menuju perairan Selat Lombok. Titik koordinat yang telah ditentukan sebelumnya oleh Kantor SAR Mataram. Selanjutnya, pada sabtu (20/8) pukul 21.30 Wita, sebanyak 28 personel tim SAR gabungan dari tim rescue Kantor SAR Mataram, ABK RB 220 Mataram, Polairud Polda NTB, KPP Lembar menuju titik pertemuan menggunakan kapal RB 220 Mataram.

Namun, tingginya gelombang laut di lokasi yang telah ditentukan sebelumnya menghambat proses evakuasi pemindahan survivor dari kapal MV. Haizhu Flourish ke RB 220 Mataram. "kemudian kami mencoba menggeser lokasi intercept, dan pada pukul 02.00 Wita atau minggu (21/8) pagi survivor berhasil dievakuasi," ujarnya saat memimpin langsung jalannya operasi SAR. Mr.

David selanjutnya dibawa menuju pelabuhan Gili Mas, Labuan Tereng Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat, tiba dengan selamat pada pukul 03.19 Wita dan telah diserahkan ke pihak berwenang.

Editor : Edy Gustan

Follow Berita iNews Mataram di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut