get app
inews
Aa Read Next : Pembalap Prancis Tom Vialle Unggul di Seri MX 2 MXGP Samota

Arus Transportasi di Kayangan – Poto Tano Meningkat Jelang MXGP Samota

Jum'at, 24 Juni 2022 | 23:05 WIB
header img
Antrian kendaraan roda empat di Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur yang hendak menyebrang ke Pelabuhan Poto Tano Sumbawa saat pelaksanaan MXGP Samota Jum'at (24/6)

 

LOMBOK TIMUR, iNews.id - Arus transportasi di penyebarangan Kayangan, Lombok Timur - Poto Tano, Sumbawa Barat mulai meningkat.

Pantauan iNews.id di Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur menunjukkan bahwa antrean panjang kendaraan baik roda 2 maupun roda 4 yang hendak masuk kapal.

Kepadatan tersebut mulai terjadi dalam beberapa hari terakhir. MXGP Of Indonesia Samota Sumbawa yang digelar mulai 24 – 26 Juni 2022 memicu kenaikan trafic lalu lintas laut.

General Manajer ASDP Kayangan, Ahmad Faizal mengatakan, puncak peningkatan trafic penyeberangan diperkirakan terjadi mulai Jumat malam 24 Juni hingga Sabtu 25 Juni 2022. 

Peningkatan terjadi untuk kendaraan bus penumpang, mobil station, dan juga sepeda motor. “Kami menyiapkan kapal ekstra untuk mengantisipasi lonjakan tersebut,” kata Ahmad Faizal kepada wartawan Jum’at (24/6).

Dikatakan, dalam tiga hari terakhir terjadi peningkatan hingga 4 persen. Dia memperkirakan akan terus meningkat hingga jumat malam hingga sabtu. Terlebih, puncak kegiatan MXGP Samota berlangsung pada Minggu (26/6).

Jumlah armada kapal yang tersedia di penyeberangan Kayangan - Poto Tano sebanyak 24 kapal. Berdasarkan jadwal normal, setiap hari 10 kapal yang beroperasi.

 Pihaknya mendukung penuh gelaran MXGP Samota lantaran bisa meningkatkan kunjungan wisata ke Sumbawa. “MXGP Samota ini sangat strategis untuk meningkatkan pariwisata ke Sumbawa,” ungkapnya.

Selain menyiapkan kapal ekstra, ASDP Kayangan juga membangun terminal penumpang tambahan, perluasan areal parkir, dan penambahan loket.

Terdapat terminal penumpang tambahan, dari tenda dan menggunakan AC. Diharapkan penumpang bisa lebih nyaman kalau menunggu penyeberangan.

ASDP juga memastikan kapal-kapal yang melayani penyeberangan menerapkan standar kebersihan dan CHSE. Keamanan dan kenyamanan selama penyeberangan Kayangan - Poto Tano menjadi fokus dan prioritas ASDP.

Selain itu, untuk memecah antrian kendaraan di saat puncak balik pasca MXGP Samota, ASDP juga menambah lahan parkir di pelabuhan Poto Tano Sumbawa Barat. 

Editor : Edy Gustan

Follow Berita iNews Mataram di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut