Logo Network
Network

Ajang MXGP Samota 2022, Tiket Pesawat ke Bandara Sultan Kaharuddin III Sumbawa Laris Terjual 

Edy Gustan
.
Kamis, 23 Juni 2022 | 12:56 WIB
Ajang MXGP Samota 2022, Tiket Pesawat ke Bandara Sultan Kaharuddin III Sumbawa Laris Terjual 
Bandara Sultan Kaharuddin III Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). (Foto: Dok)

SUMBAWA BESAR, iNews.id - Ajang MXGP Samota 2022 membuat perekonomian warga Sumbawa, Nusa Tenggara Barat semakin bergairah. 

Bahan tiket pesawat menuju Bandara Sultan Kaharuddin III Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) ludes hingga Jumat (24/6) mendatang. 

Demand penumpang datang ke Sumbawa meningkat karena event MXGP Samota. 

General Manager Bandara Sultan Kaharudin III Sumbawa, Pono Basuki mengatakan, hingga  selasa siang 21 Juni 2022, penerbangan membawa kru official pebalap MXGP Samota 2022 memadati kawasan bandara. Tak heran jika hal ini menyedot perhatian masyarakat Sumbawa.  

"Alhamdulillah untuk pesawat regular sampai saat ini masih  2 x sehari, demand penumpang datang meningkat ditunjukkan dengan tiket kedatangan penumpang pesawat ke Sumbawa sudah habis sampai 24 Juni 2022" kata Pono Basuki, Selasa (21/6). 

Dia mengatakan, untuk mendukung kegiatan MXGP Samota Sumbawa rencana akan ada charter flight  dari maskapai Wings Air untuk mengangkut kru dan official pebalap MXGP pada 23 Juni nanti. 

Selain itu, untuk mengantisipasi demand yang tinggi, saat ini sedang diupayakan penerbangan tambahan.

"Pesawat reguler Wings Air dan sedang kami minta untuk penambahan extra flight ke maskapai," ujarnya.   

Di lain sisi, para pelaku UMKM di kawasan Bandara dan sekitarnya menuai berkah. Salah satunya Asyifa Kopi, gerai UMKM yang ada di Bandara Sumbawa. Mereka memanfatkan momentum MXGP Samota dengan menambah modal mereka.  "Sudah tiga hari ini bandara ramai. Alhamdulillah dampaknya penjualan kami juga meningkat, ada berkah dari MXGP ini," kata Sulastri, pemilik Asyifa Kopi. 

Asyifa Kopi baru empat bulan beroperasi di Bandara Sumbawa. Sulastri bahkan menyewa gerai dari pengelola bandara, Angkasa Pura. Di sini, dia menjajakan makanan dan minuman ringan, serta produk oleh-oleh UMKM seperti Kopi Sumbawa, Madu Sumbawa, dan Susu Kerbau khas Sumbawa. 

Menurut Sulastri, suasana ramai di Bandara Sumbawa terasa sepekan terakhir. Biasanya Asyifa Kopi hanya buka hingga pukul 15.00 Wita, kini bisa sampai menjelang malam karena ada saja yang datang. "Terutama hari Senin kemarin, ramai sekali. Dagangan juga lumayan," ujarnya.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Mataram di Google News

Bagikan Artikel Ini