Sapa Masyarakat Perbukitan, Ibnu Salim Ajak Lestarikan Peresean

Edy Gustan
Bakal Calon Wakil Bupati Lombok Barat Ibnu Salim (kaos hitam) saat menutup event Peresean rangkaian HUT RI di Desa Mareje Lombok Barat. Foto: iNewsmataram. id/Edy Gustan

Lombok Barat, iNewsmataram.id-Sejumlah bakal calon kepala daerah menggelar beragam kegiatan termasuk mendukung pelestarian kesenian dan budaya daerah salah satunya Peresean.

Bakal calon Wakil Bupati Lombok Barat Ibnu Salim menyapa masyarakat perbukitan tepatnya Desa Mareje, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat.

Desa itu dapat dicapai melalui jalur menanjak dan berkelok. Namun bagi Ibnu Salim kawasan itu tidak asing baginya. Bahkan sejak duduk di bangku SMP dia pernah bermain ke daerah itu.

Tidak sedikit teman sekolahnya berasal dari Desa Mareje. Tidak heran jika tokoh Ummat Budha Nasional Bante Chikagutto merupakan salah satu teman sekolahnya.


Bakal Calon Wakil Bupati Lombok Barat Ibnu Salim (kaos hitam) bersama sejumlah pepadu Peresean di Desa Mareje, Kecamatan Sekotong. Foto: iNewsmataram. id/Edy Gustan

Ibnu Salim didaulat menutup kegiatan seni budaya Sasak Peresean. Lomba Peresean itu sudah berlangsung selama sepekan sebagai rangkaian HUT ke-79 RI 2024.

Kegiatan itu diselenggarakan oleh pemuda Mareje. Tidak hanya menutup, dia juga sempat menyaksikan sekaligus menyawer atraksi Peresean antara beberapa pepadu (petarung).

Peresean ini merupakan salah satu jenis tarian khas Sasak yang melibatkan dua pepadu menggunakan kayu rotan sebagai senjata dan satu tameng terbuat dari kulit sapi sebagai pelindung.

"Kesenian peresean ini wajib dilestarikan salah satunya dengan cara menggelar pertandingan-pertandingan," Ujar Ibnu Salim kepada wartawan Selasa (3/8/2024).

Birokrat yang berpasangan dengan bakal Calon Bupati Lombok Barat politisi Partai Golkar Hj.Sumiatun ini menegaskan kerap memperhatikan sekaligus berpartisipasi terhadap kesenian Peresean ini.

Editor : Edy Gustan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network