Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Hamzanwadi Gelar Pameran Produk Projek Kepemimpinan

Edy Gustan
Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru Universitas Hamzanwadi menggelar Pameran Produk Kepemimpinan Foto : Istimewa

LOMBOK TIMUR,iNewsmataram.id – Mahasiswa program pendidikan profesi guru (PPG) Prajabatan Universitas Hamzanwadi gelombang 1 tahun 2023 menggelar pameran Produk Projek Kepemimpinan.

Pameran itu berlangsung di Panggung Putih Universitas Hamzanwadi, Jumat 31/5/ 2024. Itu merupakan bagian dari kreasi dan pengembangan inovasi.

Sebanyak 122 Mahasiswa itu memamerkan berbagai karyanya dari seluruh Program Studi (Prodi) PPG Prajabatan gelombang 1 2023 berjumlah 123 mahasiswa.

Wakil Rektor III Dr. H. Musifuddin, M.Pd mengatakan seluruh produk yakni media pembelajaran, inovasi pembelajaran, produksi bahan ajar, media berbasis ICT, dan Produk UMKM yang dipamerkan itu akan dipresentasikan.

“Peserta PPG ini terdiri atas program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Bahasa Indonesia, Matematika, Pendidikan Jasmani, dan Pengembangan Perangkat Lunak dan GIM,” ujar Musifuddin.

Dia menegaskan, parmesan itu bertujuan agar seluruh mahasiswa PPG dapat menampilkan kontribusi yang telah dilakukan melalui kegiatan projek kepemimpinan ini kepada publik.

“Jadi output program ini untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan mahasiswa melalui kegiatan service learning yang berbasis komunitas,” tegas Musifuddin yang juga Ketua ABKIN NTB itu.

Program yang dikembangkan dalam program proyek kepemimpinan tidak terbatas pada tagihan mata kuliah saja, namun mahasiswa diharapkan dapat berkontribusi memecahkan masalah yang ada di masyarakat.

Semua peserta PPG Prajabatan diharapkan dapat lebih berinovasi dalam konsep yang dikembangkan untuk tujuan studi dan mengembangkan lebih lanjut untuk aktivitas lainnya.

Koordinator PPG Universitas Hamzanwadi Dr. Muhammad Khairul Wazni, M.Pd mengatakan melalui program ini para guru masa depan akan memperoleh berbagai pengembangan keilmuan dan skill untuk mengembangkan kompetensi.

“Dengan kompetensi dan keterampilan yang tidak hanya terbatas pada pendidikan dan pengajaran, tetapi bisa menjadi agen perubahan dengan memecahkan masalah sekolah maupun di lingkungan masyarakat,” harapnya.

Dengan demikian, kata Wazni, program projek kepemimpinan yang dilakukan sekarang ini merupakan upaya mahasiswa agar dapat membuat program sendiri sesuai kemampuan dan jiwa kepemimpinannya.

Penciptaan karya-karya ini didasarkan pada berbagai tema, seperti tema apotek hidup, literasi digital dan media cetak, ecobrick, game literasi numerisasi, gerakan membaca dan lain sebagainya.

Doktor jebolan UNJ itu juga menegaskan, dalam pelaksanaan program PPG ini, Universitas Hamzanwadi telah berkolaborasi dengan sekolah dan pemerintah desa/kelurahan di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

“Semoga semua karya ini terus dipromosikan dan membawa manfaat bagi masyarakat. Kita juga mendorong mahasiswa terus berinovasi guna mendukung kegiatan belajar mengajar dan lainnya,” tutu Wazni.

 

 

 

 

 

Editor : Edy Gustan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network