Bangga dengan Produk Lokal; Ikhtiar Bang Zul Retas Kemiskinan di NTB

Edy Gustan
Gubernur NTB Zulkieflimansyah dalam Gelar dan Malam Anugrah Kebudayaan NTB Gemilang, di Lapangan Supersemar, Tanjung, Lombok Utara, Senin (12/12/2022) malam. Foto: Kominfotik NTB/Iatimewa

LOMBOK UTARA, iNewsMataram.id-Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah berharap agar warga NTB bangga terhadap produk lokal, saat memberi sambutan pada acara Gelar dan Malam Anugrah Kebudayaan NTB Gemilang, di Lapangan Supersemar, Tanjung, Lombok Utara, Senin (12/12/2022) malam.

Dengan mencintai, membeli, dan membela produk lokal, setidaknya merupakan salah satu ikhtiar mengentaskan kemiskinan di NTB.

“Bangga dengan produk lokal sebagai salah satu ikhtiar kolektif dan komitmen bersama masyarakat NTB guna meretas lingkaran kemiskinan. Sebab, kita masih ketergantungan terhadap produk luar yang bahan bakunya dari NTB,” tuturnya.

Dia menambahkan, warga NTB harus berani memulai dari diri sendiri secara mandiri. Di antaranya menanamkan rasa percaya diri serta bangga menggunakan, membela, dan menjual produk lokal dari NTB.

“Alhamdulillah, perjalanan panjang harus dimulai dengan langkah pertama. Saya lihat para pegawai Pemprov NTB telah mulai menunjukkan keteladanan,” ungkap Bang Zul, sapaan akrabnya.

Bang Zul yang belum lama ini menerima sederet penghargaan nasional juga mencontohkan bahwa dirinya sebagai pimpinan daerah akan ditegur staf pimpinan di lingkup Pemprov NTB, jika tidak menggunakan tenun produk NTB.

“Tidak selayaknya lagi kita menjual kain tenun asal NTB ke luar daerah dengan harga murah, lalu dijahit dan dikemas sedemikian rupa. Setelah itu, produk yang sudah jadi dijual kembali ke NTB dengan harga yang jauh lebih mahal,” tandasnya. (*)

Editor : Maryani

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network