get app
inews
Aa Read Next : Kembalikan Berkas Pendafataran ke PKS, Karman Bakal Masifkan Sosialiasi

Digadang PKS, Karman Siap Bertarung di Pilwakot Mataram

Rabu, 01 Mei 2024 | 17:28 WIB
header img
Politisi muda PKS Haji Karman digadang maju di Pilwakot Mataram 2024. Namanya masuk bursa penjaringan Cakada PKS. Foto : Istimewa

MATARAM,iNewsmataram.id-Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mulai menjaring bakal calon kepala daerah jelang Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 di NTB.

Sejumlah nama politisi PKS beredar. Tidak terkecuali untuk Pilkada Kota Mataram. Ketua Desk Pilkada DPW PKS NTB TGH. Ahmad Tauhid membenarkan adanya penjaringan itu.

Proses penjaringan bakal calon kepala daerah dilakukan melalui pemilu raya. Terdapat 23 nama yang diajukan untuk digodok sebagai bakal calon kepala daerah.

"Masih dalam proses penjajakan dari pengurus dan anggota partai. Nama-nama tersebut direkomendasikan oleh Dewan Pengurus Tingkat Daerah (DPD)," ujar Ahmad Tauhid saat dihubungi wartawan inewsmataram.id, Rabu (1/5/2024).

Dari 10 kabupaten/kota yang menggelar Pilkada, PKS memunculkan enam nama untuk Pilkada Kota Mataram. Dari enam nama tersebut terdapat dua nama baru yakni H.MNS Kasdiono dan H.Karman.

Kasdiono sebelumnya merupakan kader Partai Demokrat dan pernah duduk sebagai anggota DPRD NTB dari daerah pemilihan NTB 1 (Kota Mataram).

Dia juga pernah hendak bertarung di Pilwakot Mataram berpasangan dengan H. Rosiady Sayuti. Sementara H. Karman dikenal sebagai aktivis muda yang kini beraktivitas di Jakarta.

Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII) ini merupakan tokoh muda asli Pagutan, Kota Mataram. "Ya keduanya masuk jaringan sebagai anggota partai," papar Tauhid.

Ketua Himpunan Masyarakat Lombok (Himalo) itu digadang-gadang maju di Pilkada kota Mataram. Upaya PKS untuk menguasai Kota Mataram ini tidak main-main.

PKS berhasil menguasai 6 kursi di DPRD Kota Mataram hasil pemilu legislatif 2024. Ini menjadi salah satu modal utama PKS sehingga lebih percaya diri.

Artinya, PKS punya peluang emas untuk menghadapi Pilwakot Mataram 2024. Dihubungi terpisah, Karman BM membenarkan jika dirinya menghadiri wawancara bakal calon kepala daerah yang diselenggarakan desk pilkada PKS NTB.

Dia mengaku bangga sekaligus terkejut namanya masuk bursa bakal calon kepala daerah. "Kalau diamanahkan, saya siap berkhidmat untuk masyarakat Kota Mataram. Intinya syami'na wa atho'na ," ujar Karman kepada iNewsmataram.id.

Karman menegaskan akan berjuang maksimal untuk memenangkan Pilwalkot Mataram 2024 siapapun yang nantinya diputuskan oleh partai. Lagipula, saat ini struktur dan jejaring PKS di enam kecamatan di Kota Mataram diyakini siap bergerak.

Dia optimistis masyarakat Kota Mataram butuh sentuhan baru. Ya, pemimpin baru dengan gaya baru dan sentuhan lebih kekinian.

"PKS bergerak dan menentukan cakada berdasarkan mekanisme internal. Tentu saya mengikuti dan patuh terhadap mekanisme internal partai ," paparnya.

Selain Karman, lima nama bakal calon Wali Kota Mataram yang sedang digodok yakni TGH Achmad Muchlis, H. MNS Kasdiono, Hj. Baiq Zuhar Farhi, Ismul Hidayat, dan Hj. Istiningsih.

Editor : Edy Gustan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut