get app
inews
Aa Read Next : Menparekraf Sandiaga Uno Motivasi Santri Ponpes Nurul Haramain NWDI

Lalu Iqbal Pilihan Alternatif NWDI Jika Bang Zul Maju di Pilgub DKI Jakarta?

Jum'at, 08 Maret 2024 | 07:57 WIB
header img
Dua figur NTB Dr.Lalu Muhammad Iqbal dan Dr. H. Zulkieflimansyah. Foto: Istimewa

Mataram,iNewsmataram.id-Pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram Dr.Ihsan Hamid menilai kemunculan Dr. Lalu Muhammad Iqbal jelang pemilu Gubernur NTB menjadi pilihan alternatif Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) jika Dr.H.Zulkieflimansyah maju di Pilgub DKI Jakarta.

Pertemuan antara Dr.Iqbal dengan Ketua DPW Partai Perindo NTB H.M Khairul Rizal mengindikasikan ada rencana NWDI mengusung kadernya di Pilgub NTB 2024.

Meski begitu, doktor ilmu politik UIN Syarif Hidayatullah itu menilai pasangan Dr.Zulkieflimansyah dan Dr. Sitti Rohmi Djalilah masih punya tempat di hati masyarakat NTB.

"Memilih Lalu Iqbal itu bisa jadi alternatif untuk menempatkan kadernya jika Bang Zul benar-benar bertarung di Jakarta," ujar Ihsan Hamid kepada wartawan Jum'at (8/3/2024).

Dia menilai, Iqbal merupakan salah satu figur baru dari nama-nama tokoh yang disebut-sebut akan bertarung pada Pilgub NTB 2024. Selain Iqbal, ada juga nama TGH. Lalu Gede Muhammad Zainuddin Atsani yang disebut-sebut akan maju pada Pilgub NTB 2024 mendatang.

Meski sepak terjang Lalu Iqbal di dunia politik belum terlihat, tapi ketokohannya sebagai mantan Dubes RI di Turki setidaknya menjadi modal menaikkan keterkenalannya di NTB. 

Terkait itu, Lalu Iqbal diyakini sebagai representasi NWDI pada kancah perpolitikan jelang Pilgub NTB 2024. "Sementara ini kan baru dua nama baru yang muncul. Sisanya merupakan figur lama yang trade recordnya di dunia politik sudah terlihat," paparnya.

Meski begitu, dalam perhelatan politik di NTB khususnya di tubuh NWDI, menurut Ihsan Hamid semua bermuara pada keputusan TGB. H.M Zainul Majdi. Artinya, siapapun nantinya maju di Pilgub NTB 2024 tetap harus memperoleh restu TGB.

"Ya, kalau memang TGB mendorong Bang Zul maju di Pilgub DKI Jakarta, tentu sudah ada alternatif penggantinya. Bisa saja Lalu Iqbal atau Bu Sitti Rohmi Djalilah," ungkapnya.

Rencana Bang Zul maju di Pilgub DKI Jakarta dinilai sebagai hal positif. Lagipula, hasil pemilu legislatif 2024 di Jakarta untuk PKS sangat positif.

Terlebih, Bang Zul merupakan politisi nasional yang punya jejaring dan tidak asing dengan politik Jakarta. Bang Zul pernah bertarung di Pilgub Banten dan pernah menjabat anggota DPR RI beberapa periode.

Rekam jejak politik Bang Zul dinilai sangat fantastis pasca memimpin NTB di tengah kondisi yang tidak menentu. Bang Zul juga dinilai berhasil memimpin NTB dan sukses menjalankan sejumlah program baik di dunia pendidikan, industrialisasi,.maupun pariwisata. 

Editor : Edy Gustan

Follow Berita iNews Mataram di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut