get app
inews
Aa Read Next : Kapten Speedboat Terbakar di Gili Trawangan

Universitas Hamzanwadi Gelar Olimpiade Sains Se-NTB

Sabtu, 20 Januari 2024 | 17:23 WIB
header img
Rektor Universitas Hamzanwdi Pancor Dr.Hj. Sitti Rohmi Djalilah saat membuka olimpiade sains yang dilaksanakan oleh Fakultas MIPA Universitas Hamzanwadi foto : istimewa

Lombok Timur,iNewsmataram.id- Fakultas MIPA Universitas Hamzanwadi menggelar olimpiade sains yang diikuti berbagai peserta dari SMA se-Pulau Lombok. Panitia menyiapkan beberapa jenis lomba, di antara matematika, IPA, dan lainnya.

Rektor Universitas Hamzanwadi Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah mengajak para peserta untuk mencintai sains karena sesungguhnya sains itu sangat menyenangkan untuk dipelajari dengan cara-cara yang menyenangkan.

"Bagi ummi, kalau kita dalami, kita pahami, sains itu menyenangkan sekali ya. Bukan seperti bayangan orang bahwa sains itu menakutkan. Fisika itu ngeri matematika itu ngeri, kimia ngeri," ucap mantan Wagub NTB itu.

Dia meyakinkan  peserta yang ikut ikomoerisi ni pasti tahu betapa senangnya belajar sains. Kebetulan dia juga sangat suka dengan sains sejak kecil.

Karena itu,  Ummi Rohmi  berharap peserta yang ikut lomba ini bukan sekadar mencari juaranya. "Bukan hanya karena disuruh bu guru, disuruh orang tua supaya harus pintar matematika, tapi kalian ikut ini karena kalian happy kalian senang. Itu yang terpenting ya," pesannya.

Dia optimis olimpiade sains ini berlangsung  sukses. Meskipun meraih juara itu penting, tapi menurutnya  terpenting peserta  senang mengikuti kompetisi ini dan bisa berdiskusi bertukar pikiran.

Melalui olimpiade ini para peserta bertemu dengan teman-teman dari berbagai sekolah yang ada sehingga peserta punya pengalaman, semakin mencintai sains sebagai bekal kehidupannya kelak.

Dia menegaskan, sains sat ini  tidak akan bisa lepas dari kehidupan. Lagipula, masyarakat  tidak bisa lepas dari teknologi. Cucu Pahlawan Nasional Almagfurullah Maulana Syech TG.K.H Muhammad Zainuddin Abdul Majid ini mencontohkan bagamana mobil sekarang sudah pintar berhenti sendiri dengan menggunakan sensor.

"Mobil bisa ngerem sendiri, nggak usah direm dia ngerem sendiri karena ada sensornya. Dan mempelajari tentang sensor itu menyenangkan sekali karena kebetulan ummi dulu di teknik kimia," ucapnya.

Dia yakin peserta olimpiade ini merupakan anak-anak yang mencintai sians dan akan menularkan ilmunya ke teman-temannya. 

Dia  berpesan kepada panitia penyelenggara agar kompetisi ini berlangsung menyenangkan.  Soal yang disajikan berkualitas dan jangkauannya semakin luas. 

"Dengan begitu, anak-anak kita menunggu-nunggu setelah olimpiade ini, ya tahun depan  harus ikut kembali dan kasih tahu ke adik-adiknya, teman-temannya. Semua asyik loh kita ikut olimpiade sains," tutupnya.

Editor : Edy Gustan

Follow Berita iNews Mataram di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut