get app
inews
Aa Read Next : YRBK Subang; Noktah Bukti Cinta Kami pada Gerak Sastra dan Budaya

Widyawisata, Prodi Sendratasik Teken Kerja Sama dengan 10 Prodi ISI Yogyakarta

Sabtu, 15 Juli 2023 | 13:41 WIB
header img
Program Studi (Prodi) Sendratasik Universitas Hamzanwadi gelar program widyawisata ke Yogyakarta mulai 13-17 Juli 2023. Foto: Istimewa

YOGYAKARTA, iNewsMataram.id- Program Studi (Prodi) Sendratasik Universitas Hamzanwadi gelar program widyawisata ke Yogyakarta mulai 13-17 Juli 2023.

Dalam gelaran program ini, Prodi Sendratasik menandatangani kerja sama dengan 10 prodi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Korprodi Sendratasik Universitas Hamzanwadi Alwan Hafiz mengatakan, program widyawisata ini memberikan kesempatan unik bagi mahasiswa agar mendapatkan wawasan mendalam tentang seni dan budaya Yogyakarta.

“Selain itu, tujuan widyawisata ini untuk memperluas pemahaman mahasiswa tentang peran seni dalam kehidupan sehari-hari ketika mereka kembali nanti," ujar Alwan, Sabtu (15/07/2023).

Selama program widyawisata ini, mahasiswa diajak berkunjung ke kampus ISI, termasuk ke sanggar-sanggar seni.

Para peserta diharapkan mendapat pengalaman berharga yang dapat diimplementasikan.

Dia menuturkan, ada beberapa rangkaian program widyawisata selama di Yogyakarta, di antaranya mahasiswa berkunjung ke kampus ISI Yogyakarta.

Melalui kunjungan ke kampus yang terkenal dengan lingkungan seni yang inspiratif ini, mahasiswa dapat melihat dan mempelajari berbagai disiplin seni, seperti seni rupa, tari, musik, teater.

“Para peserta juga bertemu dengan para dosen dan mahasiswa seni yang berbakat. Mereka dapat berinteraksi langsung dengan mengikuti kelas pertunjukan yang digelar,” ujarnya.

Adapun penandatanganan kerja sama 10 program studi itu, yakni prodi seni pertunjukan, pendidikan musik, penciptaan musik, penyajian musik, musik, tari, karawitan, pedalangan, etnomusikologi, dan teater.

Bidang kerja sama ini menyangkut tridarma perguruan tinggi, seperti kolaborasi karya dan pengembangan kurikulum.

Hal itu guna memajukan kampus yang memiliki daya saing sesuai moto kampus terbaik kedua di NTB ini.

Alwan menambahkan, selama kunjungan ke ISI, Yogyakarta, mahasiswa berpartisipasi dalam sesi diskusi dengan para pengajar dan mahasiswa senior.

Mahasiswa juga mengunjungi beberapa sanggar seni, seperti Sanggar Tari Kembang Sore dan Sanggar Metiyem serta Sanggar Teater Pelopor. Mereka disajikan pertunjukan seni yang dipersembahkan para seniman.

Program widyawisata ini juga akan dilanjutkan dengan pelatihan dan workshop yang dipandu para profesional seni untuk belajar teknik dan keterampilan tertentu dalam bidang seni.

Sementara itu, Dekan Fakultas Seni Pertunjukan ISI I Nyoman Cau Arsana menyampaikan, secara kelembagaan, pihaknya menyambut baik kedatangan dan kehadiran pihak Prodi Sendratasik Universitas Hamzanwadi.

Dia menambahkan bahwa Prodi Sendratasik Universitas Hamzanwadi merupakan bagian dari keluarga besar ISI Yogyakarta.

Dia berharap, selama berada di ISI, semua peserta mendapatkan pengalaman dan bertukar informasi. (*)

Editor : Maryani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut