get app
inews
Aa Read Next : Pos Indonesia Kembali Salurkan Dana Bansos PKH dan Sembako di Mataram

Beberapa Fakta Tempat Pemakaman Ratu Elizabeth II

Selasa, 20 September 2022 | 18:38 WIB
header img
Ratu Elizabeth II. Foto : Istimewa

JAKARTA, iNewsMataram.id-Makam Ratu Elizabeth II terletak di Westminster Abbey. Ratu dimakamkan pada Senin (19/9/2022). Lebih dari 25 tahun sejak pemakaman Putri Diana pada 6 September 1997, pemakaman Ratu berlangsung di tempat yang sama.

Rencananya, makam Ratu akan berdampingan dengan makam Pangeran Philip, suaminya, yang meninggal tahun lalu.

The Sun melaporkan bahwa jenazah Pangeran Philip yang dimakamkan di Royal Vault, di Kastil Windsor akan dipindahkan.

Pemakaman Ratu Elizabeth II telah direncanakan sejak 20 tahun lalu. Pemakaman diputuskan di Westminster Abbey karena memperhitungkan daftar tamu yang lebih besar. Juga memastikan sebanyak mungkin orang dapat memberikan penghormatan terakhir.

Sejak itu, gereja yang berada di pusat Kota London ini telah menjadi tempat hampir setiap penobatan raja Inggris. Termasuk Ratu pada 1953 serta 16 pernikahan kerajaan dan pemakaman.

Ada juga makam prajurit tak dikenal, yang berjarak beberapa langkah dari pintu masuk barat ke Abbey.

Makam itu menandai situs pemakaman seorang tentara Inggris yang tewas pada Perang Dunia II dan identitasnya masih belum diketahui.

Ilmuwan lain yang dikenang dan dimakamkan bersama Hawking adalah Charles Darwin dan Sir Isaac Newton.

Berdasar tweet dari akun resmi Westminster Abbey, makam Thomas Hardy, Charles Dickens, dan Rudyard Kipling juga terletak di Poets Corner. Lebih dari 100 penulis dan penyair yang dimakamkan di sana.

Selain itu, Pangeran William dan Kate Middleton juga menikah di Westminster Abbey pada 2011. Pernikahan mereka masih menjadi salah satu pernikahan kerajaan paling mewah hingga saat ini.

Upacara pernikahan Ratu dan Pangeran Philip juga digelar di Westminster Abbey pada November 1947 yang dihadiri 2.500 tamu.

Hanya beberapa langkah dari tempat paduan suara, terdapat lantai mosaik, yang dibangun pada 1268, dari lebih 30.000 keping onyx, porfiri, dan kaca. Itu juga mencakup tiga prasasti abad pertengahan yang rusak yang memprediksi akhir dunia.

Menurut situs Westminster Abbey, prasasti tersebut menghitung dunia akan bertahan selama 19.683 tahun.

Pada bagian altar yang digunakan untuk memahkotai raja, dihiasi emas dan dirancang pada 1867. Altar tersebut juga dihiasi dengan lukisan panel minyak biji rami yang diyakini telah dicat sejak 1270.

Sementara pemakaman Ratu, peti jenazahnya akan diletakkan di dekat makam Ratu Elizabeth I setidaknya selama sehari.

Westminster Abbey hampir hancur beberapa kali sepanjang sejarahnya, termasuk ketika bom menghujani London pada 1941 selama Perang Dunia II.

Meskipun tempat itu tidak terkena langsung, sebagian atapnya dilalap api yang dimulai oleh bom api Jerman pada 1941.

Dalam dekade berikutnya, Westminster Abbey menjadi panggung untuk beberapa pernikahan kerajaan. Termasuk Ratu pada 1947, dan pemakaman kerajaan, termasuk Putri Diana. (*)

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com dengan judul "Fakta Westminster Abbey Tempat Pemakaman Ratu Elizabeth II".

Editor : Maryani

Follow Berita iNews Mataram di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut