Logo Network
Network

Bayi Kembar Empat 1 Kiloan Lahir di Mataram

Edy Gustan
.
Rabu, 07 September 2022 | 21:10 WIB
Bayi Kembar Empat 1 Kiloan Lahir di Mataram
Salah satu bayi kembar empat si ruang operasi Foto: RSUP NTB/istimewa.

 MATARAM,iNewsMataram.id-Bayi kembar empat lahir dengan selamat melalui operasi ceasar di RSUD Provinsi NTB, Rabu (7/9/2022), sekitar pukul 08.30 Wita.

Keempat bayi kembar yang merupakan buah hati dari pasangan M. Umar (35) dan Siti Nursiah (35) ini berjenis kelamin laki-laki.

Masing-masing bayi memiliki berat badan (BB) yang berbeda. Bayi I lahir dengan BB 1350 gram, bayi II dengan BB 1370 gram, bayi III dengan BB 1100 gram, dan bayi keempat lahir dengan BB 1195 gram.

Saat ini, mereka mendapat perawatan intensif di ruang NICU yang ditangani dr I Ketut Adi Wirawan, MSc., Sp.A (K) dan tim.

Bayi-bayi mungil tersebut merupakan putra ketiga dari pasangan petani asal Kelurahan Kaboro, Kecamatan Labita, Kabupaten Bima. Sebelumnya, pasangan ini telah memiliki putra berusia 10 tahun dan putri berusia 3 tahun.

Menurut dr. Agus Rusdhy H. Hamid, Sp.OG (K), MARS, RSUD Provinsi NTB yang mengepalai tim bedah pada operasi tersebut, kelahiran bayi kembar empat ini merupakan yang pertama di RSUD Provinsi NTB.

“Ibu bayi merupakan pasien rujukan dari Bima. Operasi dilakukan dalam umur kehamilan 28/29 minggu. Alhamdulillah, operasi berjalan lancar, lebih kurang 45 menit. Kondisi ibu bayi juga stabil,” kata Rusdhy.

Kelahiran bayi kembar empat yang pertama kali di RSUD Provinsi NTB ini mendapat atensi penuh dari Direktur RSUD Provinsi NTB, dr. H.L. Herman Mahaputra, M.Kes., M.H. atau biasa disapa dr. Jack.

Pihak RSUP Provinsi NTB sudah mempersiapkan dengan matang operasi tersebut. Sejak awal kedatangan, kondisi Ibu dan janin terus dipantau pihak RS.

"Kasus ini termasuk unik. Sebab, kehamilan bayi kembar empat ini terjadi melalui pembuahan normal, bukan pembuahan buatan atau melalui proses bayi tabung,” tandas dr. Jack. (*)

Editor : Maryani

Follow Berita iNews Mataram di Google News

Bagikan Artikel Ini