Logo Network
Network

Gempa Bali 5,8 SR Terasa Juga di Lombok

Edy Gustan
.
Senin, 22 Agustus 2022 | 16:44 WIB
Gempa Bali 5,8 SR Terasa Juga di Lombok
Gempa bumi di Bali juga terasa di Lombok Foto : Sreenshot laman BMKG/Istimewa

Mataram.iNews.id-Gempa bumi berkekuatan 5,8 Skala Righter yang menguncang Kuta, Bali juga terasa hingga Lombok. Gempa tersebut mengejutkan masyarakat baik di Kota Mataram maupun Kabupaten, Lombok Barat.

Gempa terasa cukup keras dan durasi agak lama. Warga di Perumahan Jafana Garden, Sesela, Gunung Sari langsung berhamburan keluar rumah. Gempa terasa diawali dengan suara seprti hemuruh. "Kami semua di luar rumah ini karen gempanya besar sekali," kata Maryani ibu rumah tangga di Sesela, Gunung Sari. Senin (22/8).

Kerisauan Ani, panggilan karib ibu dua anak itu cukup beralasan. Ani pernah merasakan gempa yang lebih besar pada 2018 lalu. Meski sudah lama berselang, getaran gempa kali ini membuat nyalinya ciut.

Tidak saja Maryani, sejumlah warga di Dusun Dasan Bawak, Desa Lelede, Kecamatan Kediri, Lombok Barat juga berhamburan keluar rumah. Jaswan Hendriono yang sedang merapikan rumah nyaris terjatuh dari ketinggian. Beruntung dia tangkas dan lari menyelamatkan diri. "Saya langsung lompat dan berlari. Khawatir ada bangunan runtuh," ujar Jaswan.

Gempa terjadi pada pukul 15.36:33 WIB. Lokasi : 9.36 Lintang Selatan, 115.59 Bujur Timur (74 km Tenggara Kuta Selatan, Bali dengan Kedalaman:124 Km. Gempa tersebut mengakibatkan sejumlah mobil bergoyang. Termasuk etalase, mesin foto copy, dan lainnya juga bergoyang.

Hingga saat ini, warga masih ragu masuk ke dalam rumah khawatir terjadi gempa susulan yang lebih besar. Nusa Tenggara Barat terutama di kawanan Lombok Timur, Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Kota Mataram pernah dilanda gempa hebat.

Editor : Edy Gustan

Follow Berita iNews Mataram di Google News

Bagikan Artikel Ini